Sabtu, 15 Januari 2011

Al-Qur'an Sebagi Mukjizat


Bagi kaum muslim, Al-Quran tidak hanya sebuah kitab suci yang berisi semua sumber ajaran Illahiah tetapi juga merupakan sebuah mukjizat terbesar yang pernah diberikan Tuhan terhadap nabi-Nya yang diturunkan di muka bumi sebagai wakil-Nya. Tetapi banyak kaum muslim yang hanya mendengar tanpa bisa memahami kenapa Al-Quran disebut sebagai mukjizat terbesar, terutama sebagai mukjizat yang telah diturunkan oleh Tuhan kepada nabi Muhammad SAW.
Dalam buku karangan M.Quraish Shihab ini dijelaskan dengan sederhana sebab-sebab Al Quran bisa disebut sebagai mukjizat. Salah satu cendekiawan muslim Indonesia ini mampu menjabarkan dan memberi pencerahan lewat bahasanya yang "membumi" dan mudah dimengerti oleh khalayak. Walaupun bukan karya akademis tapi buku ini terasa sekali tata urutan penulisan naskah-naskah akademis yang runtut, dimulai dengan pengertian mukjizat, makna mukjizat, tinjauan bahasa, sampai dengan pemberian bukti-bukti kenapa Al Quran itu bisa disebut sebagai mukjizat. Tidak lupa buku ini juga menyertakan kritik-kritik terhadap Al Quran dari sarjana-sarjana barat yang mengkritik Al Quran.
Dari sisi bahasa arab yang digunakan oleh Tuhan sebagai pengantar dalam Al Quran, buku ini tidak saja menerangkan bahwa selain disebabkan faktor bahwa Muhammad SAW adalah manusia yang hidup di tanah Arab, tetapi juga menjelaskan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sangat lengkap dan mampu menjelaskan segala sesuatunya dengan sangat akurat dan mampu memberikan sebuah rangsangan bagi akal budi manusia terhadap makna-makna tersirat dalam setiap kata dan kalimat yang perlu untuk di gali makna yang terkandung didalamnya. Sebagai turunan dari bahasa semit yang juga menurunkan bahasa ibrani, bahasa Arab bisa disebut sebagai salah satu bahasa tertua di muka bumi ini. mempelajari bahasa arab menjadi hal mutlak yang diperlukan jika ingin memahami Al Quran sebagai mukjizat, karena jika hanya membacanya sebagai terjemahan maka banyak kata yang perlu mendapat penjelasan lebih karena bahasa terjemahan tidak cukup mampu menjelaskan arti kata yang dimaksud. Dari sisi bahasa M. Quraish Shihab menjelaskan 5 hal yang menjadi keistimewaan Al Quran :
1. Nada dan langgam bahasa Al Quran yang indah
2. Singkat dan padat dalam menyajikan hal dimaksud
3. Memuaskan para pemikir/ceerdik cendikia/para sarjana sekaligus orang kebanyakan
4. Memuaskan akal dan jiwa
5. Memberikan keindahan dan ketepatan maknanya.
Selain hal yang menyangkut bahasa, M. Quraish Shihab juga menjelaskan hal-hal yang terkait dengan isyarat-isyarat ilmiah yang ada dalam Al Quran walaupun perlu di ingat bahwa Al Quran juga bukan sebuah kitab ilmiah seperti halnya kitab ilmiah yang dikenal sekarang ini. Dalam sebuah kitab yang turun sekitar 1.500 tahun yang lalu penyebutan benda-benda langit seperti bulan, proses repoduksi manusia, ihwal kejadian alam semesta, ihwal pemisah dua laut, awan, gunung,clorofil/zat hijau daun, sistem pengkalenderan adalah hal yang sangat luar biasa dan kita tidak bisa berkata dan setuju bahwa penjelasan-penjelasan tersebut tidak didapat dalam sebuah proses belajar ilmu pengetahuan, tetapi adalah sebuah ilham yang pasti diturunkan oleh Yang Maha Tahu kepada umat terpilih-Nya.
Selain itu disebut juga berita-berita ghaib di dalam Al Quran, kenapa disebut berita ghaib??karena berita-berita ghaib tersebut baik yang terjadi pada masa lampau sebelum Al Quran itu turun maupun kejadian yang terjadi jauh sesudah Al Quran itu turun. dan tidak ada sebuah kitab pun maupun foklor atau cerita rakyat yang mengungkapkan hal-hal atau kisah-kisah tersebut sebelumnya. berita-berita ghaib itu antara lain meliputi kaum 'Ad dan Tsamud serta kehancuran kota Iram dimana hal tersebut dijelaskan di dalam Al quran sedangkan pada saat itu berita tentang kaum dan kota itu tidak pernah di dengar oleh masyarakat saat itu, dan berdasarkan hal ini pula dilakukan penggalian-penggalian situs-situs tersebut dan di dapatilah kebenaran-kebenaran tersebut. selain itu juga disebutkan berita tentang tenggelam dan selamatnya badan Firaun pada masa nabi Musa AS.
Dalam buku ini juga dijelaskan bantahan bahwa Al Quran adalah jiplakan dari kitab-kitab kuno terdahulu, M. Quraish Shihab menjelaskan dengan argumen-argument yang sederhana antara lain bahwa Muhammad tidak pernah belajar pada seorang pun, bahkan beliau dikenal sebagai nabi yang ummi alias buta huruf, jadi tidak masuk logika jika beliau belajar pada seseorang atau menjiplak dari kitab-kitab kuno sebelumnya.
Selain berita-berita ghaib dari masa lalu, juga disebutkan berita-berita ghaib yang belum terjadi pada saat Al Quran ini diturunkan. antara lain adalah kemenangan bangsa Romawi yang beragama kristen dengan bangsa Persia (yang sekarang disebut negri Iran) yang menyembah api. dimana dua bangsa ini pada masa itu adalah dua bangsa adi kuasa. Kenapa Al Quran secara eksplisit lebih memberitakan kabar gembira kepada kaum muslim akan perihal kemenangan bangsa Romawi yang kristen dari pada bangsa Persia yang menyembah api? jawabnya karena kedekatan ketauhidan karena kristen menyembah Tuhan sedangkan pada masa itu persia sebagai bangsa yang beragama pagan. Berita kemenangan suatu kaum dalam peperangan dan hal itu belum terjadi maka dapat kiranya dimengerti pertanyaan bagaimana Muhammad SAW dapat mengerti berita tersebut?jawaban dari pertanyaan itu adalah Muhammad diberitahu oleh Yang Maha Mengetahui.
Demikianlah, M. Quraish Shihab dalam buku yang tidak seberapa tebal mampu memberikan penjelasan yang sangat memuaskan kenapa Al Quran dipandang sebagai mukjizat terbesar dari nabi-nabi yang pernah diturunkan oleh Tuhan di muka bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar